KEPEDULIAN TERHADAP FAKIR MISKIN dalam PERSFEKTIF AL-QURAN

3 November 2009 at 12:10 am | Posted in AL-QURAN, Gen 1 | 1 Comment
Tags: ,

oleh: Jani Arni*

Fenomena kemiskinan adalah fenomena yang sangat dengan akrab dengan masyarakat, apalagi di negara kita “Indonesia”, sehingga mendapat julukan dengan “Negara Berkembang”. Lembaga-lembaga survei telah banyak menyebutkan tentang angka kemiskinan di Indonesia. Di antaranya menyebutkan bahwa penduduk miskin per bulan Maret 2008 tercatat berjumlah 34,96 juta jiwa (15,42%).

miskinBanyak faktor yang menjadi penyebab terjadinya kemiskinan tersebut, di antaranya adalah rendahnya etos kerja, dan tidak punya skill untuk bersaing di era sekarang. Masih banyak faktor lainnya, yang tidak akan pernah habis jika dibahas.

Upaya pengentasan dan pengurangan jumlah angka kemiskinan tersebut telah banyak dilakukan baik oleh individu, masyarakat, lembaga-lembaga, ataupun pemerintah, namun angka kemiskinan tersebut masih tetap memprihatinkan.

Al-Quran sebagai pedoman hidup umat Islampun tidak pernah tinggal diam dalam upaya pengentasan kemiskinan ini. Banyak ayat-ayat al-Quran yang menyatakan kepeduliannya terhadap kemiskinan dalam bentuk menggugah dan memerintahkan umat Islam memberikan dan mendistribusikan sebagian hartanya untuk fakir miskin, karena di dalam harta mereka terdapat hak orang lain. Firman Allah: (QS. Al-Ma’arij: 24-25)

al_quran

Setidaknya ada 7 macam bentuk pendistribusian harta kepada fakir miskin menurut al- Quran:distribusi harta

1. Zakat, infaq, dan sedekah. (QS.al-Baqarah:83, 177, 215, al-Nisa’:29, al-Taubah: 60)

2. Qismah atau wasiat (QS. Al-Nisa: 8,

3. Harta Rampasan Perang (Ghanimah/ Fayy) (QS.al-Anfal: 41, al-Hasyr: 7)

4. Fidyah (QS. Al-Baqarah: 184)

5. Kafarat Sumpah (QS. Al-Maidah: 89)

6. Kafarat (Denda dalam ibadah haji) (QS. Al-Maidah: 95)

7. Kafarat menzihar isteri (QS. Al-Majadilah: 4)

uang-niche-adsenseDari penjelasan di atas dapat dilihat ada 7 bentuk pendistribusian harta untuk fakir miskin. Pertanyaan selanjutnya, tapi kenapa masih tinggi angka kemiskinan? Barangkali alternatif jawabannya adalah, masih banyak umat Islam yang belum melaksanakan perintah ini. Manusia cenderung menumpuk hartanya, bahkan lebih suka melengkapi kehidupan dengan perhiasan dan kemewahan dunia.

Di sisi lain, juga telah banyak orang-orang yang sangat tergugah dengan himbauan al-Quran ini, karena dapat dilihat semakin marak berdirinya lembaga-lembaga amil zakat, seperti adanya BAZDA, BAZIS, Rumah Zakat, dan lain-lain.

Selanjutnya, barangkali juga perlu didiskusikan kembali efektifitas penyaluran zakat kepada orang-orang yang membutuhkan tersebut?. Jika merujuk kepada ayat al-Quran, di antara upaya pengentasan kemiskinan disebutkan dengan memberi makan “إطعام “ kepada orang miskin. Ungkapan ini jangan hanya dipahami secara lahiriyah saja, karena jika dipahami demikian sifatnya masih konsumtif, tidak membangun ke depan, dan ini cocok pada kondisi tertentu saja. bltAgar upaya pengentasan kemiskinan ini lebih efektif, agaknya istilah “ إطعام “ harus dipahami dengan lebih luas yaitu memberi makan dalam jangka waktu yang panjang. Artinya, zakat-zakat yang sudah dikumpulkan oleh lembaga-lembaga tersebut tidak memberikan BLT (Bantuan Langsung Tunai) kepada fakir miskin, close-up-boy-graduation_~gwil11321namun memberikan berupa beasiswa pendidikan, pembekalan skill dengan mengadakan pelatihan-pelatihan sehingga dengan skill tersebut mereka mampu memperbaiki kehidupan mereka sendiri di masa mendatang.

Wallahu A’lam

*Lulusan S2 Jur Tafsir IAIN Imam Bonjol Padang – Gen 1 MAKN Putri

sumber tulisan: janiarni.blogspot.com

1 Comment »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

  1. syukran katsiran ats ilmunya buk…^_^


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.
Entries and comments feeds.

%d bloggers like this: