Ikatan Dokter Mesir (IDM) Sumbang Korban Gempa Sumbar

27 October 2009 at 1:36 pm | Posted in MASISIR NEWS | Leave a comment
Tags: ,

ikatandoktermesirHidayatullah.com–Tim Peduli Gempa Sumbar, Selasa (27/10) bertemu dengan Ikatan Dokter Mesir untuk menyerahkan nama-nama mahasiswa Indonesia yang keluarganya menjadi korban gempa Sumbar, 30 September lalu.

Pada pertemuan itu, Tim langsung disambut oleh Dr. Musthafa Zoughby, Kepala Bidang Pengelola Bantuan Kemanusiaan, Ikatan Dokter Mesir.
“Ikatan Dokter Mesir (IDM) telah mengeluarkan keputusan untuk membantu mahasiswa Indonesia yang tengah menimba ilmu di Mesir, sementara keluarganya menjadi korban gempa Sumbar. Kami juga telah lama menunggu rincian nama para mahasiswa tersebut,” terang Dr. Musthafa di kantornya di bilangan 42 Qasr `Aini St. Kairo.

Pada kesempatan itu, Ketua Tim, Sdr. Alnofiandri Dinar, Lc. juga sempat menanyakan mengenai bantuan langsung ke Sumbar.

Dalam penjelasannya DR. Musthafa mengatakan, bahwa Ikatan Dokter Mesir sejak awal sudah berinisiatif untuk mengirim bantuan ke Sumbar, seperti obat-obatan, tenda penampungan, dll. IDM juga telah membangun komunikasi dengan KBRI Kairo dan Kedubes Mesir di Jakarta, guna mencari tahu apa yang dapat IDM bantu? Namun, sampai saat ini Ikatan Dokter Mesir belum mendapatkan konfirmasi lebih lanjut dari mereka.

“Kami tidak tahu harus mengirim apa ke Indonesia? Sehingga kami tidak bisa berbuat banyak. Oleh karena itu, kami memfokuskan pemberian bantuan kepada mahasiswa Indonesia yang berada di Mesir dan keluarga mereka menjadi korban gempa Sumbar. Bagaimanapun mereka adalah saudara kita dan sudah menjadi kewajiban ikut memperhatikan mereka,” ujar Dr. Musthafa di sela-sela pembicaraan hangat pagi itu.

Sejak pertama kali dibentuk 2 Oktober lalu, Tim Peduli Gempa Sumbar-Mesir sudah mendata mahasiswa Indonesia yang keluarganya menjadi korban gempa Sumbar. Awalnya, Tim hanya mendapatkan 10 nama, namun seiring berjalannya waktu, jumlah mereka semakin banyak. Hal itu disebabkan oleh, adanya gangguan jaringan komunikasi dengan keluarga di Indonesia sehingga sukar untuk mengadakan komunikasi langsung.

Selain itu, kebanyakan keluarga korban di awal kejadian lebih memilih untuk menyimpan realita akibat gempa, agar anak-anak mereka di rantau tidak khawatir dengan keluarganya.

Sampai saat ini, Tim telah mengantongi 20 yang telah melegalisasi dari KBRI-Kairo dan diserahkan ke Ikatan Dokter Mesir. Demi kelengkapan administrasi Dr. Musthafa mengharapkan semua nama dilengkapi foto copy paspor dan kartu mahasiswa. Setelah semuanya beres, baru bantuan akan dikucurkan langsung kepada Ketua Tim.

Sesaat setelah pertemuan, Tim langsung meluncur ke kantor Pensosbud KBRI, Iwan Wijaya di Garden City guna membicarakan flow up dari niat baik IDM itu.

Pada prinsipnya KBRI-Kairo sangat mendukung upaya yang telah dilakukan oleh Tim dan siap memfasilitasi segala hal yang bisa dilakukan KBRI. KBRI juga telah berupaya menggalang dana di internal KBRI yang nantinya dana itu akan disalurkan kepada kawan-kawan mahasiswa yang menjadi korban gempa Sumbar.

Setelah ada kejelasan mekanisme dari Tim, dana yang terkumpul akan diserahkan kepada Tim. Sampai saat ini, sudah terkumpul dana sebanyak: 1803 USD dan 1776 LE. Menanggapi tawaran dari pihak KBRI, Tim menyampaikan bahwa Tim Peduli Gempa Sumbar akan menyalurkan bantuan pada awal November kepada mahasiswa Indonesia yang ada di Mesir.

Terkait pernyataan Dr. Musthafa, Tim sempat meminta klarifikasi kepada pihak Pensosbud, selaku jendela KBRI yang lebih fokus menangani permalasahan sosial, termasuk bencana gempa bumi.

Iwan Wijawa selaku Kepala Pensosbud KBRI menyatakan, bahwa kita dari KBRI sudah berkoordinasi dengan Satkorlak di Indonesia, tentang perkembangan penanggulangan gempa. Persosbud sebenarnya telah menjelaskan situasi terkini di Sumbar kepada Ikatan Dokter Mesir mengenai fase-fase yang sedang dilakukan pasca gempa. Ketika IDM dihubungi Pensosbud juga telah menjelaskan bahwa Sumbar telah memasuki fase pemulihan, dilanjutkan dengan recovery, rehabilitasi, dan shock therapy hingga kehidupan masyarakat kembali normal. [kiriman Tim Peduli Gempa Sumbar di Mesir/www.hidayatullah.com]

Leave a Comment »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.
Entries and comments feeds.

%d bloggers like this: