Peresmian Rumah Gadang KMM Mesir

25 October 2009 at 1:13 pm | Posted in MASISIR NEWS | Leave a comment
Tags: ,
Kesepakatan Mahasiswa Minangkabau (KMM) Mesir, pada hari Sabtu, 11 Juli 2009 kemaren melaksanakan acara Silaturahmi warga Minang yang berada di Mesir dan sekaligus peresmian Rumah Daerah Sumatra Barat. Acara yang dilaksanakan di tepian kota Kairo di bilangan Tagamu` tersebut menyuguhkan tarian Gelombang untuk menyambut para tamu undangan dan rombongan yang hadir.Sebagai Informasi bahwa gedung yang diberi nama “MANAIAK RUMAH GADANG” ini selain berfungsi sebagai asrama mahasiswa juga sebagai pusat kegiatan warga KMM Mesir khususnya dan Mahasiswa Indonesia di Mesir pada umumnya. Karena kapasitasnya terbatas, maka asrama tersebut hanya diperuntukan bagi Mahasiswa Baru asal minang yang baru datang dan mahasiswa yang mempunyai masalah perekonomian.

 

Dalam acara yang dikemas dengan tema “Membina Generasi Rabbani, Menuju Masyarakat Madani” tersebut dihadiri oleh rombongan Pemerintah Provinsi Sumatra Barat yaitu; Bpk. Leonardy Harmany, SIP. (Ketua DPRD Prov. Sumbar), Bpk. Muslim M. Yatim, Lc. (anggota DPRD Sumbar), Bpk. Dr. Bambang Istijono, ME. (Kepala Bappeda Sumbar), Bpk. Zul Evi Star, SH. (Kepala DPKD Sumbar), Bpk. Ir. Dudi Ruswandi, Ms.CE. (kepala Dinas Prasja Tarkim Sumbar) dan Bpk. Prof. Dr. Salmanadis , MA . (Ketua BAZ kota Padang).Dalam sambutannya, ketua DPRD Sumbar yang sekaligus meresmikan Rumah Gadang di Mesir tersebut berpesan kepada pelajar dan mahasiswa asal Minang agar memanfaatkan fasilitas berupa gedung asrama mahasiswa ini sebaik-baiknya. Beliau juga berpesan agar mahasiswa minang yang sedang belajar di al-Azhar untuk tidak salah arah dalam mempelajari dan memahami ilmu agama Islam. Karena dalam kurun terakhir ini, banyak sekali pelajar dan mahasiswa Islam di Sumatera Barat yang beraliran kurang benar, sehingga membingungkan masyarakat Minang di tanah air. Karena itulah, sedini mungkin mereka harus memahami budaya masyarakat Minang, karena masyarakat Minanglah yang akan menjadi medan dakwahnya kelak.

 

KBRI Kairo yang diwakili oleh Atase Pendidikan Bapak Dr. Sangidu, M.Hum. dalam sambutannya menyampaikan bahwa dengan adanya RUMAH GADANG sebagai gedung kegiatan dan juga asrama bagi warga KMM di Mesir diharapkan bisa menjadi motivasi dalam meningkatkan prestasi akedemisnya. Karena seharusnyalah warga KMM mengimbangi Proposal rumah daerah yang telah terealisasi saat ini dengan suatu pemberian yang layak, belajar, berprestasi, lulus, kemudian membangun daerahnya. Hal ini dapat dipandang sebagai balasan atas jasa baik dari para pejabat di Sumatra Barat.

Sementara itu, saudara Okta Rizal Fiardi, Lc. selaku ketua KMM Mesir berharap dengan cairnya bantuan berupa pengadaan rumah daerah ini bukanlah akhir dari perhatian Pihak Pemprov. Sumatera Barat kepada mahasiswa Minang yang ada di Mesir, tetapi menjadi awal dari perhatian kepada warga KMM khususnya dan dunia pendidikan Islam pada umumnya.

Sumber: Dikbudcairo.org

Leave a Comment »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.
Entries and comments feeds.

%d bloggers like this: